Memasuki era digitalisasi, begitu kompleksnya kebutuhan media internet sebagai sarana tercapainya keberlangsungan kehidupan terutama dalam dunia bisnis. ISO 27001 sistem manajemen keamanan dalam menjawab tantangan kejahatan cyber crime di era modern yang menjanjikan. Berikut adalah Cara mendapat iso 27001 .

Prosedur dan Langkah-langkah :

1 GAP analysis

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah melakukan GAP analysis. Secara istilah GAP analysis ini diartikan sebagai metode yang digunakan mengukur kesenjangan antara kinerja organisasi dengan keadaan yang di cita-citakan.

Secara harfiah, tujuan dari tahapan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasikan hal yang disparity antara satu hal dengan hal lain. Yang kemudian dari hasil analisis tersebut dapat menentukan posisi perencanaan dan evaluasi kerja di masa mendatang.

2 Kajian risiko

Setelah mendapat informasi yang cukup dengan melakukan tahap GAP analysis. Untuk langkah berikutnya adalah perlu mengetahui seberapa besar kecilnya risiko yang akan dihadapi. Memaksimalkan putusan akhir yang kemudian dijadikan sebuah kerangka perencanaan.

Dengan mengetahui besar kecilnya risiko dapat menjadi langkah yang bijak dalam mengantisipasi risiko yang di kemudian hari akan terjadi. Sehingga sebelum datangnya kejadian tersebut sudah di persiapkan solusi sebagai penanganan kejadian yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.

3 penyusunan dokumen

Tahapan yang tak kalah penting lainya adalah dengan menyusun dokumen dari hasil mitigasi kajian risiko yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan tujuan agar perencanaan yang telah dibuat berdasarkan pertimbangan hasil kajian risiko dapat terdokumentasi. sehingga dapat segera dilakukan implementasi atas perencanaan yang telah dibuat.

4 implementasi

Masuk tahap berikutnya, adalah dilakukanya Implementasi . Adapun kegiatan ini dilakukan untuk menguji secara langsung dokumen-dokumen yang telah tersusun secara sistematis berdasarkan pertimbangan yang diambil. Sehingga seluruh kesenjangan (GAP) diawal dapat segera ditangani.

5 internal audit

Membahas mengenai internal audit  merupakan aktivitas independen , keyakinan objektif dan konsultasi yang dirancang sedemikian rupa untuk memberi nilai lebih dan membantu operasi dari organisasi. Peranan dari kegiatan audit ini cukuplah penting dalam mengetahui Cara mendapat iso 27001.

Sederhananya internal audit ini adalah analisis yang bertujuan untuk mengerti dan memahami bagaimana keadaan yang ada di dalam suatu organisasi. Yang tujuannya adalah untuk meresistensi adanya unsur kecacatan laporan baik dari segi administratif maupun intrinsiknya. Untuk contoh dari seorang audit internal ini seperti konsultan perusahaan , penasihat perusahaan dan lainnya.

Berkaitan dengan tahapan implementasi , di tahapan ini pihak auditor internal akan memberi nilai dan evaluasi terhadap organisasi tersebut. Karena nantinya dari hasil evaluasi tersebut akan menjadi tolok ukur dari perencanaan yang di buat kedepanya. Selain itu, auditor internal juga berhak saran dan masukan untuk mencegah terjadinya segala sesuatu yang merugikan perusahaan.

6 Audit sertifikasi

Kemudian masuk ke tahap berikutnya adalah dengan di adakannya audit sertifikasi. Merupakan lembaga auditor sertifikasi untuk meninjau efisiensi proses, dokumentasi perusahaan, dan peningkatan berkelanjutan. Audit sertifikasi ini biasanya selesai dalam beberapa hari. Itu semua tergantung pada ukuran perusahaan dan prosesnya

Tujuan dilakukannya audit sertifikasi adalah untuk memahami bagaimana implementasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi telah diuji baik untuk efektivitasnya maupun untuk memenuhi persyaratan ISO 27001. Waktu umum untuk review persiapan adalah 5 sampai 7 bulan.

7 Implementasi ISO 27001

Setelah mendapatkan sertifikat ISO 27001, organisasi Anda berkomitmen untuk mengimplementasikan standar ISO 27001. Pada tahap ini membutuhkan kerjasama seluruh bagian organisasi, tidak bisa sepenuhnya diserahkan oleh departemen atau departemen IT.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan jika ingin mendapatkan sertifikasi iso 27001. Keberadaan iso sendiri sangat penting bagi berkelanjutan perusahaan anda. Memang membutuhkan waktu  yang tidak sebentar, namun akan memiliki manfaat di kemudian hari.

 

 

By Kamal